BEGINI SAKITNYA KRAM PERUT SAAT HAID

PMS, period days or menstrual cycling concept. Top view of the calendar and sanitary napkins

Bagi wanita, nyeri saat haid sering kali dirasakan setiap bulannya dan berlangsung rata-rata 3-4 hari. Saat nyeri haid datang, rasanya seperti ratusan tangan mengoyak-ngoyak perutmu dari dalam laki-laki tidak tahu rasanya kram haid yang sangat tidak nyaman.
Bagi para pria yang belum pernah merasakan, nyeri haid atau istilah medisnya dismenorea telah dianggap sama menyakitkannya dengan sakit jantung. Profesor kesehatan reproduksi di University College London, John Guillebaud, mengatakan bahwa pasien yang mengalami nyeri haid digambarkannya hampir sama buruknya saat mengalami serangan jantung.
Nyeri haid terbagi atas 2 jenis, primer dan sekunder. Primer adalah jenis nyeri haid yang paling umum di mana tidak ada kondisi mendasar yang mempengaruhi rahim. Dismenorea sekunder disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti endometriosis, fibroid, atau penyakit radang panggul.
Faktanya, mengabaikan rasa sakit wanita saat haid telah menjadi praktik medis yang memprihatinkan. Beberapa survei menunjukkan bahwa dokter umumnya menganggapnya kurang serius dan lebih perhatian terhadap masalah medis yang dialami oleh pria.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit saat kram haid datang, diantaranya seperti di bawah ini:
1. Kompres Air Hangat
Kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi. Bisa juga menggunakan pad yang mengeluarkan sensasi hangat saat ditempel, lebih praktis dibandingkan harus menggunakan handuk yang dicelup ke air panas. Saat ini sudah ada pad praktis, klik https://ifreeindonesia.com/ untuk informasi selanjutnya.
2. Pijatan
Pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit dapat menurunkan kram sebanyak 90 persen. Anda juga dapat menggunakan essential oil yang dapat memberi efek tenang pada pikiran.
3. Pijat Dengan Minyak Esensial untuk Menghilangkan Rasa Sakit
Pijat dengan minyak esensial aromatik tertentu (seperti minyak esensial lavender, minyak esensial clary sage, atau minyak esensial marjoram) juga dapat meredakan nyeri kram menstruasi, menurut penelitian yang dipublikasikan pada Mei 2012 di Journal of Obstetrics and Gynecology Research.

Komentar

Postingan Populer