Tipe-tipe Penguncian Pada Brankas yang Ada Saat Ini

 Di setiap rumah tentunya ada satu atau beberapa barang berharga yang akan dilindungi oleh pemilik rumah, bisa berupa barang berharga seperti uang, perhiasan, dokumen penting, dokumen perusahaan, dan dokumen pribadi. Maka salah satu lokasi penyimpanan yang harus ada adalah brankas. Brankas dapat melindungi barang berharga kita dari berbagai ancaman seperti kebakaran, banjir dan pencurian. Brankas itu sendiri juga memiliki banyak model kunci, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi Anda.

Salah satu brand yang terkenal di industri brankas adalah Krisbow, Honeywell, hingga Sentrysave yang mengkhususkan diri di bidang keamanan. Tentunya Anda harus memahami kebutuhan Anda dan penempatan produk itu sendiri saat memilih produk. Anda harus membaca sampai akhir untuk memilih yang benar dan Aman.

Tipe penguncian pada brankas memiliki beberapa tipe yang bisa Anda pilih sesua dengan kebutuhan yang ada perlukan. Setiap orang tentunya memiliki karakter dan subjektifitas masing-masing terhadap tipe penguncian pada brankas. Pada saat ini terdapat kurang lebih 5 tipe kunci yang ada pada brankas saat ini diantaranya: tipe silinder, tipe magnet, tipe key pad numerik, tipe dial, dan tipe kartu magnetik.

Untuk bisa memahami tipe per tipe dari tipe penguncian brankas mari kita simak beberapa hal dan contoh brankas yang menggunakan tipe tersebut.

  1. Tipe silinder: aman dan mudah digunakan

Hasil gambar untuk brankas tipe silinder

Tipe ini sangat mudah untuk dilakukan karena pengguna hanya harus menggunakan anak kunci untuk membuka brankas sama seperti membuka kunci seperti biasanya. Namun pada tipe penguncian seperti ini mudah sekali untuk dibobol menggunakan alat.

  1. Tipe magnetik: keamanan yang simpel namun pasti

Tipe magnet ini sangat sederhana untuk digunakan, dengan menggunakan kunci magnet khusus maka kita bisa membuka brankas ini. Brankas ini hanya akan terbuka jika dengan kunci khususnya saja jadi tenang saja jika Anda merasa bahwa brankas ini akan mudah dibobol itu salah ya. Namun tipe ini sangat jarang ditemui di kawasan Indonesia dan mungkin hanya sedikit yang sudah memasuki wilayah Indonesia

  1. Tipe key pad Numerik: kunci elektri dengan menggunakan kode pin

Image result for brankas tipe keypad numerik

Kode pin yang digunakan di brankas sama saja seperti penggunaan kode pin di HP atau di kartu ATM, pada brankas Anda hanya disuruh untuk memasukan kode pin Anda untuk bisa membuka brankas ini lewat key pad numerik yang tersedia. Brankas ini sangat mudah ditemui karena banyak perusahaan yang memproduksi model ini karena dinilai lebih modern sehingga akan banyak konsumen yang akan tertari membelinya.

Perlu diketahui bersama kunci ini jika daya baterai pada brankas ini sudah habis maka Anda tidak akan bisa membuka brankas ini menggunakan pin, Anda harus mengganti baterai terlebih dahulu agar bisa menggunakannya lagi, jika tidak Anda bisa menggunakan kunci manual yang biasanya tersedia untuk keadaan darurat.

  1. Tipe Dial


Brankas ini adalah salah satu brankas dengan penampilan yang sering muncul di film-film, brankas ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Membuka brankas ini saja harus dengan ketelitian yang tinggi agar brankas ini bisa terbuka. Untuk saran jika kamu ingin membeli beankas dengan jenis penguncian seperti ini maka kamu perlu mencobanya terlebih dahulu agar kamu terbiasa untuk menggunakan brankas jenis ini di rumah sendiri.


Komentar

Postingan Populer