Cek Domain Tercepat


Dalam membuat sebuah website tentunya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dengan baik agar kedepannya web yang kita buat bisa berjalan dengan optimal. Salah satu hal penting yang harus kita perhatikan ini adalah soal hosting, karena hosting merupakan tempat kita menaruh data dari web kita. Selain hosting hal pertama yang harus kita perhatikan dengan baik sebelum membuat sebuah website adalah dalam hal pemilihan domain yang akan dipakai. Pemilihan nama domain ini penting karena bisa dibilang domain merupakan identitas dari website yang kita buat. Dengan memiliki sebuah web dengan nama domain yang cocok maka kita relatif lebih mudah dalam membangun brand dari web tersebut.

Karena itulah sebelum membeli sebuah domain paling tidak ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan misalnya saja ekstensi domain yang dipakai, panjang pendek nama domain, mudah tidaknya nama domain tersebut diingat, serta history dari domain tersebut dan tentunya yang paling penting harus kita perhatikan sebelum membeli domain adalah ketersediaan dari domain tersebut. Karena akan percuma saja jika kita menginginkan sebuah nama domain yang bagus dan tidak terlau panjang serta mudah diingat namun domain tersebut sudah didaftarkan oleh orang lain terlebih dahulu sehingga kita tidak bisa menggunakannya.


Untuk itulah sebelum kita membeli sebuah domain akan lebih baik jika kita melakukan pengecekan terhadap nama domain yang kita inginkan apakah masih tersedia dan bisa kita daftarkan ataukah domain tersebut sudah didaftarkan orang lain. Untuk melakukan pengecekan domain ini sebenarnya mudah saja. Dan hampir semua provider yang menjual domain menyediakan sarana untuk mengecek ketersediaan domain ini. Misalnya saja kita akan membeli domain di domainesia maka cara cek domain  yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut,:

1. Masuk ke alamat domainesia.com/domain
2. Ketikkan nama domain yang kita inginkan beserta ekstensinya pada kolom pencarian kemudian tekan tombol cari. Sebagai contoh kita menginginkan nama domain hpaing.com maka masukkan nama domain tersebut sebagai berikut :

3. Setelah itu kita akan mendapatkan hasilnya apakah domain tersebut masih tersedia atau tidak, jika masih tersedia maka kita bisa mendaftarkan nama domain tersebut di domainesia sesuai dengan harga yang tercantum.

Untuk pembelian domaindi domainesia ini kita bisa melakukan hanya pembelian domain saja atau bisa juga kita membeli domain sekaligus hostingnya. Tentunya hosting yang kita beli ini kita sesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaan web yang akan kita buat.

Setelah domain dan juga hosting kita beli dan sudah terkoneksi dengan  baik maka kita bisa mulai membuat website baik itu menggunakan CMS maupun dengan script hasil codingan kita sendiri dan melakukan edit di sana sini sesuai keinginan kita. Tentunya untuk melakukan hal tersebut terlebih dahulu kita harus login ke cpanel dari hosting yang ada. Setelah cpanel login sukses kita lakukan barulah kita bisa menginstal web menggunakan software autoinstaller seperti softaculous maupun yang lainnya. Lewat cpnel ini kita juga bisa melakukan hal hal lainnya seperti membuat dan mengelola web mail kita.

Komentar

Postingan Populer