Bolak-balik Sakit Radang Tenggorokan, Apakah Gejala Kanker?

Baru sembuh dari radang tenggorokan, eh, beberapa minggu kemudian kambuh lagi. Jangan-jangan, radang tenggorokan yang berulang ini gejala kanker? 

Meski sudah diobati dengan berbagai cara, radang tenggorokan tetap saja membandel dan tak kunjung hilang. Kalaupun sembuh, sembuhnya pun cuma sebentar! Bila sudah seperti ini, banyak orang yang percaya bahwa penyebab yang mendasarinya adalah kanker tenggorokan. Lantas, bagaimana medis menanggapi hal ini?

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, radang tenggorokan memang berkaitan dengan kanker nasofaring dan kanker tenggorokan. Ini karena, radang tenggorokan yang terjadi berkepanjangan atau hilang timbul dan tak kunjung sembuh merupakan salah satu gejala yang sangat mungkin terjadi akibat adanya jenis kanker tersebut. 

“Iya, radang tenggorokan yang hilang timbul dan berkelanjutan adalah salah satu gejala dari jenis kanker nasofaring ataupun kanker tenggorokan. Kabar baiknya, kasus ini sangat jarang terjadi.” jelas dr. Adeline. 

Ia kembali menegaskan, radang tenggorokan yang berkelanjutan hanyalah gejala yang jarang terjadi dan bukan sebagai penyebab terjadinya kanker. 

“Karena kanker nasofaring itu disebabkan oleh infeksi virus Epstein Barr dan sering berkontak dengan benda atau asap yang mengandung nikel.” tambahnya. 

Ketimbang kanker nasofaring, radang tenggorokan yang berulang akibat infeksi virus atau bakteri ini lebih mengacu pada kanker tenggorokan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di British Journal of General Practice, dilaporkan bahwa suara serak akibat gangguan laring adalah salah satu gejala dari kanker tenggorokan, khususnya di populasi lansia. 

Lansia yang semasa muda atau bahkan hingga sekarang memiliki kebiasaan merokok ataupun minum minuman beralkohol, memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengalami kanker tenggorokan. 

Dengan demikian, radang tenggorokan yang berulang hingga menyebabkan perubahan suara menjadi serak memang bisa menjadi pertanda bahwa mungkin ada sel kanker pada tenggorokan. 

Untuk memastikan hal tersebut, cobalah untuk langsung memeriksakan diri ke dokter. Sebab, penyakit apa pun yang selalu datang kembali, biasanya akan berakibat fatal jika tidak segera diatasi, tak terkecuali radang tenggorokan. 

Banyak orang yang meremehkan radang tenggorokan karena dianggap bisa hilang dengan sendirinya, padahal tak selalu begitu. Jadi, berhati-hatilah jika radang tenggorokan Anda selalu datang kembali tanpa penyebab yang jelas. 

Komentar

Postingan Populer