5 Tips Mengenali Penipuan Tentang Pemenang Info Undian Palsu


Terkadang, kita sering mendapatkan SMS pemenang info undian berhadiah, walaupun kita sendiri merasa tidak pernah mengikuti undian apa pun. Bahkan beberapa di antaranya, penipu mengimingi nilai hadiah dengan nominal yang cukup besar. Sehingga bisa menjebak banyak orang dan tertipu dengan mudah, karena tergiur dengan hadiah yang menarik. 
Oleh sebab itu, situs Smartfren selalu  menginformasikan pemenang undian melalui situs resminya. Hal tersebut guna mencegah terjadinya penipuan yang mengatas namakan PT. Smartfren, tbk. Dengan demikian, konsumen atau pelanggan tidak kecewa karenanya. Oleh karenanya, dihimbau untuk mengunjungi situs resmi apabila mendapatkan SMS pemenang undian tersebut. 
Maraknya tingkat kejahatan tentang info undian berhadiah, bahkan beberapa diantaranya telah memakan banyak korban. Untuk itu, pihak Smartfren sendiri selalu mengumumkan pemenang undian di  situs Smartfren resmi guna meminimalisir resiko terjadinya penipuan. Berikut ini adalah tips agar terhindar dari penipuan sejenis, yaitu:
1. Pastikan kebenarannya
Perhatikan dari mana sumber informasi mengenai pemenang undian atau ada beberapa perusahaan yang mengadakan undian. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi mengenai apakah perusahaan yang bersangkutan benar-benar mengadakan undian serta bagaimana prosesnya. Atau bisa juga coba langsung menghubungi langsung pihak call center konsumen yang tersedia.
2. Tidak Menyerahkan Sejumlah Uang 
Setiap undian yang dilaksanakan, akan memberlakukan pajak yang ditanggung oleh pemenang. Prosedur yang sesuai adalah pemotongan pajak dilakukan apabila telah mendapat undian tersebut. Dengan demikian, apabila terdapat pihak yang mengharuskan membayar pajak pemenang terlebih dahulu, maka bisa dipastikan hal tersebut merupakan penipuan. 
3. Pernah Menjadi Peserta Undian 
Pastikan diri sendiri pernah mengikuti undian yang dimaksudkan. Sehingga apabila mendapatkan informasi mengenai pemenang undian, sementara belum pernah mengikuti undian apapun, maka hal tersebut merupakan penipuan. 
4. Tidak Mudah Tergiur 
Sekalipun diiming-imingi hadiah yang cukup menggiurkan dengan nominal yang besar. Hendaknya untuk selalu mengontrol diri agar tidak mudah tergiur, sehingga mudah terpengaruh untuk menjadi korban penipuan. 
5. Mencari Informasi Di Internet 
Saat ini internet merupakan sumber informasi yang lengkap dan akurat. Dengan demikian, apabila mendapat info undian yang diselenggarakan pihak tertentu, sebaiknya cek kebenarannya di internet. Dengan demikian, segala jenis informasi terkait undian tersebut akan mudah didapatkan. 
Itulah beberapa tips, apabila mendapat informasi info undian berhadiah dari Smartfren. Sebagai tindakan preventif, maka sebaiknya mengunjungi situs Smartfren resmi guna meminimalisir resiko terjadinya penipuan. Terutama apabila mengharuskan membayar pajak di muka, maka bisa dipastikan hal tersebut merupakan penipuan. 

Komentar

Postingan Populer