Penyebab Gusi Bengkak dan Obat Gusi Bengkak Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasinya



obat gusi bengkak

Gusi merupakan salah satu organ, yang terdapat didalam mulut. Gusi terdiri dari jaringan mukosa, dan menutupi tulang maksila serta mandibula pada mulut. Salah satu masalah yang sering terjadi pada gusi adalah pembengkakan. Gusi bengkak dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Dari mulai menimbulkan rasa sakit, gangguan saat makan dan tidur, dan jika tidak mendapatkan penanganan, gusi bengkak berpotensi mempengaruhi jaringan tulang penopang gigi. Karena itu mengetahui penyebab, cara mencegah dan mengatasi gigi bengkak merupakan hal yang sebaiknya kita tahu. Kitapun sebaiknya juga mengetahui beberapa jenis obat gusi bengkak sehingga sewaktu waktu terkena bisa cepat mengatasinya.

Seperti namanya yakni gusi bengkak maka biasanya gejala yang dialami oleh orang yang terkena adalah menggelembungnya bagian gusi disertai rasa sakit. Adapun untuk penyebab dari gusi bengkak antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Sisa makanan yang tertinggal di mulut
Salah satu penyebab utama seringnya orang terkena gusi bengkak adalah sisa makanan. Sisa makanan yang ad di gusi biasanya akan mengundang timbulnya bakteri. Dan bakteri bakteri inilah yang seringkali menjadi penyebab  gusi menjadi bengkak.

2.Penggunaan Obat Obatan Jenis Tertentu
Selain sisa makanan, penggunaan obat-obatan juga bisa memicu gusi bengkak. Hal ini dikarenakan, beberapa jenis obat-obatan akan menyebabkan pertumbuhan jaringan berlebih pada gusi, dan mengakibatkan pembengkakan.

3. Plak dan Karang Gigi

Plak merupakan lapisan tak terlihat, yang menempel pada permukaan gigi. Plak sendiri biasanya terbentuk akibat adanya bakteri pada mulut. Sedangkan karang gigi adalah plak yang mengeras.
Plak dan Karang Gigi sendiri berpotensi menimbulkan gusi bengkak.

4. Iritasi
Iritasi juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya gusi bengkak. Pada umumnya, iritasi timbul karena alergi terhadap bahan atau zat tertentu yang terdapat pada pasta gigi, makanan, atau minuman.

5. Hormon
Khususnya pada perempuan yang sedang hamil, perubahan hormon bisa menyebabkan gusi bengkak. Namun jangan khawatir, biasanya kondisi ini bersifat sementara.
Selain kelima hal diatas, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain. Seperti infeksi virus atau jamur, kekurangan gizi dan vitamin (skorbut), kebiasaan merokok, dan penyebab lainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi gusi bengkak? Berikut pembahasanya.

Obat Obatan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Gusi Bengkak
Jika kita sudah terkena gusi bengkak ini maka ada baiknya jika kita cepat cepat berusaa untuk mengatasinya. Salah satu cara yang sering dipakai untuk mengatasi gusi bengkak tentunya adalah dengan mengonsumsi obat obatan baik alami maupun kimiawi.

Menggunakan obat obatan non alami seperti Chlorhexidine, paracetamol maupun ibuprofen mungkin saja bisa cepat mengatasi rasa nyeri pada gusi bengkak. Akan tetapi obat obatan ini tentunya memiliki  berbagai efek samping dan juga penggunaannya tidak bisa sembarangan harus menggunakan resep dokter.

Jadi menggunakan obat alami mungkn merupakan pilihan yang bijak jika memang gusi bengkak yang kita alami tidak parah. Beberapa obat alami untuk gusi bengkak ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Garam
Seperti yang kita ketahui, sudah sejak lama garam dikenal bisa melawan bakteri dan mencegah peradangan pada gusi. Cukup larutkan garam secukupnya dengan segelas air, lalu gunakan untuk berkumur.

2. Es Batu
Mengompres bagian gusi yang bengkak dengan es batu bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul. Hal ini terjadi karena  es batu yang dingin bisa mematikan rasa saraf nyeri untuk sementara. Selain itu suhu dingin dari es bisa menyempitkan pembuluh darah menuju gusi yang sedang bermaslah sehingga mengurangi timbulnya peradangan.

3. Kunyit
Bahan alami lain yang bisa dipakai untuk mengobai gusi bengkak adalah kunyit. Hal ini karena senyawa curcumin yang terkandung di dalam kunyit dipercaya bisa melawan bakteri penyebab gigi bengkak. Untuk menggunakannya bisa dilakukan dengan mencampur parutan kunyit dengan baking soda dan minyak dan menggunakannya sebagai pasta gigi.

Selain ketiga bahan tersebut untuk mengatasi bengkak juga bisa dilakukan dengan cara banyak minum air puith. Dan tentunya menghilangkan apa yang menjadi penyebabnya. Misalnya jika penyebab gusi bengkak karena iritasi terhadap makanan atau obat obatan tertentu maka sebisa mungkin hentikan penggunaan obat tersebut atau cari alternatif penggantinya.

Komentar

Postingan Populer