Penyebab Haid Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

 


Menstruasi atau haid adalah salah satu hal rutin yang dialami oleh hampir semua wanita yang masih dalam usia subur. Karena siklus haid ini umumnya terjadi bulanan maka tak jarang yang menyebutnya sebagai datang bulan. Menstruasi ini terjadi karena peluruhan endometrium yang keluar bersama darah melalui organ vital wanita.

Siklus haid antara wanita yang satu dan yang lainnya tidak selalu sama. Namun umumnya siklus haid ini terjadi setiap 21 hingga 35 hari sekali. Siklus tersebut adalah siklus normal haid. Nah jika ada yang tidak mengalami haid meski sudah lewat 35 hari maka sering disebut sebagai terlambat datang bulan. Dan jika siklus ini terus berubah ubah maka bisa saja wanita tersebut mengalami haid yang tidak lancar.


Secara umum haid tidak lancar ini sering dialami oleh mereka yang baru memasuki masa pubertas dan baru mengalami haid tahun pertama. Setelah itu biasanya akan normal lagi. Akan tetapi jika sudah bukan masa pubertas dan masih mengalami haid tidak lancar maka perlu dicari apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya.


Secara umum penyebab haid tidak lancar sendiri sangat beragam. Mulai dari faktor internal hingga eksternal tubuh. Adapun beberapa contoh penyebab haid tidak lancar sendiri antara lain adalah sebagai berikut:


Obesitas

Selain merupakan salah satu tanda bahwa tubuh tidak sehat, obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar. Hal ini karena penambahan jumlah berat badan pada wanita bisa mengubah hormon yang ada termasuk juga hormon yang mempengaruhi menstruasi. Untuk itu disarankan bagi para wanita untuk tetap menjaga berat badannya agar tidak terlalu berlebihan. Untuk menjaga berat badan ini bisa dilakukan dengan diet, olahraga serta istirahat yang cukup.

Namun yang perlu diingat dalam penurunan berat badan ini juga jangan terlalu drastis, karena yang demikian itupun juga bisa menyebabkan hipogonadisme yakni penurunan jumlah hormon reproduksi.


Stres

Stres yang berlebih juga bisa menjadi salah satu penyebab dari tidak lancarnya haid pada seorang wanita. Saat seseorang mengalami stress maka kinerja hipoyalamus pada otak yang mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Dan karena hal itu maka siklus hadi menjadi tidak lancar atau terlambat. Cobalah melakukan relaksasi untuk menghilangkan stress. Relaksasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan melakukan aktivitas aktivitas yang sifatnya menyenangkan.


Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat seperti makan makanan sembarangan, merokok, kurang berolahraga dan yang sejenisnya juga bisa mempengaruhi siklus haid. Sebagai contoh orang yang merokok bisa mengalami gangguan haid tidak lancar karena nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron.

Untuk itu mulailah polah hidup sehat dari sekarang. Selain bisa sebagai solusi mengatasi haid tidak lancar dengan menerapkan pola hidup sehat maka tubuh kita juga akan lebih fit dan prima.


Masalah Pada Tiroid

Salah satu penyebab lain haid tidak lancar yang berasal dari internal tubuh adalah adanya masalah pada kelenjar tiroid seorang wanita. Seperti yang kita ketahui kelenjar tiroid yang terletak di leher adalah kelejar yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang terkait dengan metabolisme tubuh. Jadi ketika ada masalah pada kelenjar tiroid maka tentu saja bisa mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan termasuk juga dalam hal siklus haid yang menjadi tidak lancar atau terlambat.


Komentar

Postingan Populer