Hal yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Membeli AC


Panasnya ruangan yang kita tempati seperti yang umum terjadi di negara tropis seperti indonesia seringkali menjadikan kita kurang nyaman. Bahkan terkadang panasnya cuaca ini mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Untuk mengatasinya salah satu cara yang tepat tentunya adalah dengan menggunakan alat atau perangkat pendingin temperatur ruangan yakni AC (air conditioner). Penggunaan AC ini akan cukup membantu bagi kita untuk mendapatkan suhu ruangan yang cukup dingin dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Oleh karenanya tak sedikit orang terutama yang berkecukupan kemudian membeli AC untuk keperluan ruangannya. Akan tetapi terkadang ada beberapa diantara orang orang yang membeli AC ini merasa kecewa entah karena harga yang mahal atau karena performa dari alat pendingin ini tak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini bisa saja terjadi karena kita salah dalam membeli AC dalam artian kita membeli AC secara sembarangan saja tanpa memperhatikan berbagai faktor.

Padahal jika kita menginginkan AC yang kita beli ini bisa optimal dalam beroperasi kita harus mempertimbangkan masak masak beberapa hal yang cukup penting sebelumnya. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Kapasitas AC
Hal yang sangat penting dalam membeli AC salah satunya adalah memilih AC dengan kapasitas yang tepat atau sesuai. Kapasitas daya dari sebuah AC biasanya dinyatakan dalam PK. Untuk AC yang umum ada di pasaran sendiri umumnya ada mulai dari ukuran 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK dan seterusnya. Dalam menentukan kapasitas Pk dari AC yang akan dibeli ini ada beberapa pertimbangan yakni terkait dengan daya listrik yang terpasang di rumah kita dan juga soal berapa luas ruangan yang akan kita pasangi AC. Pastikan daya listrik di rumah anda kapasitasnya lebih besar dari daya AC yang akan anda beli. Sedangkan untuk kaitannya dengan luas ruangan maka agar bisa mendapatkan dingin yang optimal hendaknya pilih AC yang kapasitasnya sesuai. Misalnya saja untuk ruangan 3x5 m bisa menggunakan AC 1 PK dan seterusnya . Untuk hal tersebut ada perhitungannya sendiri yang bisa anda tanyakan kepada yang lebih ahli.

Merk AC
Pastikan memilih AC dari brand brand yang memang terpercaya misalnya saja AC akari, polytron dan lain sebagainya. Dengan memilih AC dari brand brand besar dan terpercaya tersebut biasanya kita akan mendapatkan AC dengan kualitas yang relatif lebih terjamin. Selain itu dengan membeli AC dari brand brand besar.

Tipe AC
Untuk tipe AC ini kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis jenis AC ini sendiri cukup beragam berdasarkan kategorinya. Misalnya berdasarkan teknisnya ada AC standar, low watt dan Ac inverter. Ac stabdar cocok untuk anda yang menginginkan AC yang cepat dingin, AC low watt sesuai jika rumah anda daya listriknya tidak terlalu besar, sedangkan untuk AC inverter cocok jika anda menginginkan suhu dingin yang relatif stabil.

Harga
Pastikan kita memilih dan membeli AC dengan harga yang masih dalam jangkauan budget yang kita miliki. Untuk itu kita mesti pintar pintar dalam memilih dan membandingkan harga AC. Baik itu membandingkan harga AC dari 2 merk yang berbeda maupun membandingkan ac dengan merk yang sama namun penjualnya berbeda. Untuk melakukannya sebenarnya saat ini sudah cukup mudah apalagi jika kita membeli AC ini secara online di blibli. Di sana kita bisa mengurutkan harga AC dari berbagai merk dari yang paling murah ke paling mahal dan sebaliknya.

Komentar

Postingan Populer