Ini Dia Bahaya Makanan Cepat Saji Saat Berbuka Puasa

Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu untuk segera menghilangkan rasa haus dan lapar ketika mendengar suara pukulan bedug. Alasan kenapa berbuka dengan yang manis yang selalu dilakukan adalah karena ketika terakhir makan saat sahur maka simpanan gula darah akan menurun karena tidak adanya asupan makanan lain yang masuk. Gula darah merupakan sumber energi pada tubuh manusia dan akan menurun setelah melakukan puasa. Namun jika mengonsumsi makanan manis dari pisang goreng atau teh manis hanya akan membuat nutrisi tidak cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Berbuka puasa ada baiknya dengan yang manis namun berdasarkan British Nutrition Foundation sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak minuman maupun makanan manis menggunakan gula tambahan karena akan membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan saat sedang berpuasa. Sebaiknya memilih makanan manis alami dari kurma, es buah tanpa adanya pemanis tambahan, buah kering, buah segar atau buah yang telah dibekukan dan jus buah. Satu butir memilih kurma memiliki ukuran 23 kalori dengan 6,2 gram karbohidrat dan 5,3 gram gula serta 0,7 gram serat sedangkan gula memiliki 50 kalori dengan 13,65 gram karbohidrat dan 13,65 gram gula.

Selama berbuka puasa pastikan memilih makanan yang sehat bukan makanan cepat saji yang mampu menambah berat badan. Makanan junk food cenderung akan melewati berbagai proses yang menghilangkan nutrisi asli dalam makanan tersebut dan biasanya memiliki banyak lemak trans untuk membuat rasa lezat pada makanan. Dengan kandungan ini membuat makanan akan menimbun banyak kalori pada tubuh manusia.

Makanan cepat saji akan menyebabkan resiko penyakit jantung karena banyaknya peningkatan LDL penyebab lemak pada pembuluh darah arteri. Junk food juga akan memperlambat cara kerja metabolisme tubuh untuk menyerap, mencerna dan melakukan metabolisme pada nutrisi yang memiliki komponen kecil. Konsumsi makanan cepat saji sama dengan membuat peningkatan pada resiko resistensi insulin dan membuat gula darah tidak terkendali. Untuk artikel menarik lainnya dapat mengunjungi EF adults.

Komentar

Postingan Populer